Merancang Kamar Mandi yang Sempurna

Merancang Kamar Mandi yang Sempurna

Kamar mandi dapat menjadi salah satu kamar dengan biaya renovasi paling terjangkau. Dengan beberapa renovasi kecil seperti wastafel atau keran air baru, atau wastafel tipe countertop terbaru, Anda bisa merasakan sebuah perubahan besar. Silakan lihat kiat-kiat bermanfaat berikut untuk mendapatkan ide-ide baru dalam merenovasi kamar mandi Anda.

  • Mulai dari lantai

    Lantai dari kayu saat ini sangat digemari seperti halnya lantai berbahan marmer, yang memberikan kesan mewah. Gunakan lantai berbahan serupa mulai dari ruang tamu hingga kamar mandi untuk memberikan efek alami.

    Bambu adalah bahan yang awet dan ramah lingkungan. Lantai keramik atau batu yang menyimpan panas berguna agar Anda tidak perlu membeli mesin pemanas di kamar mandi.

  • Renovasi kecil

    Renovasi kecil

    Mengganti keran air — mulai dari keran model tradisional hingga keran modern — dapat memberikan perubahan besar. Jangan lupa juga finishing keran air Anda. Pastikan semuanya saling mendukung desain keseluruhanan.

    Wastafel baru, bisa diperoleh dengan berbagai macam bahan seperti marmer, kaca, besi, tembaga bahkan keramik.

    Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan toilet one-piece untuk menghemat tempat. Beberapa model bahkan memiliki fitur hemat air; fitur yang saat ini sedang naik daun agar Anda dapat membilas tanpa suara.

    Dinding atau langit-langit dengan warna terang dapat memberikan perubahan besar dan berfungsi sebagai element yang menawan.

  • Counter intelligence

    Untuk dinding permukaan atau countertop, Anda dapat mencoba untuk menggunakan bahan-bahan dengan warna terang seperti marmer atau batu quartz. Batu tulis, yang lebih hangat daripada keramik, dapat juga dipadu dengan marmer atau batu quartz untuk memberikan efek tenang tanpa dekorasi yang berlebihan. Jika Anda ingin pilihan lain yang ramah lingkungan tetapi tetap dengan warna terang dan awet, silakan coba kaca daurulang.

  • Memaksimalkan ruang yang ada

    Memaksimalkan ruang yang ada

    Ruang yang ada dapat dimaksimalkan dengan pedestal atau wastafel. Jika Anda butuh ruang penyimpanan, coba gunakan rak multifungsi (vanity) yang ramping.

    "Kaca dengan letak strategis dapat memberikan kesan ruang yang besar dan indah," ujar Schrage. "Jika Anda membutuhkan meja konsol atau  pedestal, ruang penyimpanan dengan kaca adalah solusi tepat untuk tempat menyimpan alat-alat mandi."

  • Lampu dan Pencahayaan

    Lampu sangat berpengaruh pada tampilan kamar mandi secara keseluruhan. Lebih baik jika kamar mandi Anda memiliki penerangan yang berlebihan daripada kurang, dan Anda dapat juga menggunakan saklar dimmer.

    "Lampu redup sangat bermanfaat mengatur mood saat Anda berada dalam ruangan," ujar Schrage. Lampu di bawah rak dapat berfungsi sebagai lampu malam atau lampu redup saat tidak ada orang di ruangant tersebut, dan juga membantu tamu yang belum kenal dengan desain rumah Anda.

    Kamar mandi, walaupun kecil, adalah simbol siapa diri Anda sebenarnya dan juga rumah Anda. Dengan sedikit imajinasi dan pertimbangan, Anda dapat memastikan kamar mandi Anda memberikan warna yang beda.

  • Tersebar Merata

    Dekorasi sebaiknya sederhana dan tidak berlebihan. Meja sebaiknya dibiarkan kosong agar tamu dapat meletakkan tas atau kunci mobil, dan perhatikan juga pernak-pernik kecil yang digunakan, seperti gantungan handuk maupun tempat sabun. Pikirkan juga memberikan tempat khusus bagi wanita untuk mengatur tas mereka — countertop yang kosong sebagai contoh.

    Jika rumah Anda memiliki desain kontemporer, gunakan bahan-bahan modern seperti kayu laminasi. Jika desain rumah Anda adalah gaya masa kini, gunakan dekorasi yang dapat menyatu harmonis dengan benda-benda lain dalam rumah. Selain itu, pertimbangkan juga untuk menambahkan arsitektur klasik pada kamar mandi dengan mahkota molding yang tebal (3-5 inci) di sekeliling kamar mandi dan hingga 8 inci untuk bagian bawah.

    Kamar mandi, walaupun kecil, adalah simbol siapa diri Anda sebenarnya dan juga rumah Anda. Dengan sedikit imajinasi dan pertimbangan, Anda dapat memastikan kamar mandi Anda memberikan warna yang beda.

  • « Lihat Kiat-kiat Lain untuk Kamar Mandi